Monday, September 23, 2013

Pengalaman melamar kerja ke Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)

Sebenernya pengalaman masuk Kementerian Sekretariat Negara RI (Setneg) ini sudah lama pengen gw sharing... siapa tahu bisa bermanfaat n memotivasi buat yang mau jadi PNS di tempat ini. Gw aja bisa begitu juga dengan kalian bro n sis bisa juga. Baru sempet dan baru ada waktu sekarang buat sharing. hehehe. Sekalian pengen curhat juga di blog ini. 
Morning Semuanya. Assalamualaikum. 

Mulai darimana ya? Ok gw mulai dari latar belakang gw. Gw lahir dari keluarga yang sama sekali bukan kalangan Pegawai Negeri Sipil. Cuma Kakek dari mamah aja yang dulu PNS itu pun kakek pernah bilang agar anak-anaknya jangan sampai jadi Guru(PNS). Nah dari situ w sama sekali gak pernah berpikir untuk jadi PNS. Tapi ternyata..... 

O iya latar pendidikan gw ya. Gw dimasukin ke TK oleh ortu gw. Dibarengin juga dengan pendidikan agama di TKA TPA TQA di daerah gw dilahirkan, Singaparna. Setelah itu gw masuk SD Negeri, SMP Negeri, SMA Negeri, dan Kuliah juga Negeri (gak terasa tiba2 dah lulus aja). 

Setelah meninmba ilmu. tepatnya setelah kuliah di Diploma 3 di PTN Bandung jurusan Teknik Informatika, gw dihadapkan dengan 2 pilihan, lanjut kuliah atau kerja dulu. Ortu ngasih kebebasan waktu itu. akhirnya gw putusin buat lanjut dulu. daftarlah w di PTS yang waktu itu bisa nerima ekstensi (STT TELKOM pada saat itu) dan w diterima dan siap daftar ulang. Tapi beberapa hari sebelum w daftar ulang, temen minta w ikut ke JOB Fair di Kampus gw yang lama. Gw ikutlah iseng2. ehh ternyata dari iseng2 itu ternyata udah jadi garisan takdir gw harus kesana. dan akhirnya gw apply di salah satu Perusahaan Jepang yang produksinya prioritas Ekspor. Gw aplly di Bagian Purchase Planning. Pada saat itu ortu cuma bilang, kalau itu baik buat kamu mudah-mudahan diberi kelancaran. Kalau gak baik buat kamu mendingan terusin kuliah saja. Ternyata memang takdir gw harus disitu. dari beberapa kandidat setelah melewati tes tulis, psikotes, wawancara user, wawancara dengan BOD (pertama kali ketemu Bos Jepang dan tangan kanannya plus sekretarisnya, saaat itu yang wawancara 5 orang. 3 orang jepang dan 2 orang lokal, mantap dah). Akhirnya gw lolos dan diterima kerja disana sebagai Pegawai kontrak per 6 bulan kerja di Purchase Planning sebagai pemegang sistem dan data di Purchasing Planning Section. 


Di perusahaan ini bagi gw kayak gw Sekolah buat jadi pekerja profesional. gw bener-bener dididik Dispilin tinggi layaknya gw pas jaman SMA dulu. Tiap sesi ada belnya. bel peringatan, dan bel masuk (kita harus tepat sudah duduk di depan meja di ruangan). Semua hal berbau profesionalisme tinggi gw dapet di perusahaan ini. Pengalaman berhubungan dengan orang dari sini juga. Mulai dari orang lokal sampai dengan orang luar (Jepang, Hongkong, Singapura, Malaysia), gw dapat dari sini. Di Perusahaan ini gw bener-bener berasa digembleng, dididik dan dibentuk, alias gw sekolah tapi digaji hehehe. 

Gak kerasa gw sudah memasuki masa kontrak ketiga kali. Pada saat itu Indonesia ditempa krisis global dan perusahaan gw kena imbasnya. Kebijakaan perusahaan pada saat itu tidak melakukan PHK tetapi tidak mengangkat karyawaan kontrak dan gw kenalah imbasnya. Pada saat itu section gw dilema. Tidak  bisa mengangkat gw padahal tempat gw krusial dan sulit buat dicarikan penggantinya. Akhirnya pada saat itu, salah satu temen bilang ke gw. "Dan Setneg buka loker tuh. Coba aja lo daftar, siapa tahu lo masuk". Masih inget gw perkataan dia tuh. Gw Jawab: "Mas beuh minimal IPK 2,75 mas, aku 3.12, kayaknya nanti yang daftar  orang kumload semua (IPK diatas 3,5), wa kayaknya gak bakal lolos tes administrasinya mas", dia jawab "Ya elah lo coba aja dulu".

Pertama kali terbesit di benak gw waktu itu, Sektariat Negara itu apa ya? Seumur-umur, dari pertama kali gw lahir sampai saat itu gw belum pernah dengar Sekretariat Negara??. Gw Searching deh webnya. Meski gw dah baca dari web, gw masih belum paham juga tugasnya Setneg tuh seperti apa secara jelasnya. Tapi akhirnya gw coba tuh daftar. Tanpa harapan apa-apa gw daftar tuh setneg. W daftar di bagian pranata komputer. saat itu dibuka untuk 4 orang saja. beuhh jadi gw harus bersaing dengan beartus malah beribu orang untuk jadi salah satu dari 4 orang itu, dan pada saat daftar gw tidak bilang sama siapapun kecuali temen yang bilang loker itu sama beberapa senior deket di section gw.

Beberapa hari kemudian gw cek pengumuman kelulusan tes adminstrasi. Gw cek pengumuman peserta yang lulus tes administrasi. ternyata nama gw ada di daftar peserta lulus. Di Pengumuman itu tertulis gw harus datang ke Pusdiklat Setneg buat ngambil kartu peserta tes tulis sebagai salah satu syarat mengikuti tes selanjutnya yaitu tes tulis yang akan diselenggarakan hari Sabtu (*fiuhh untung tes tulisnya hari libur gw kerja). Dengan berbagai cara akhirnya gw bisa datang ke Pusdiklat Setneg itu pada saat jam kerja di tempat kerja gw berlangsung. (hehehe). Gw datang ke sana dengan dua niat. ambil kartu plus jalan-jalan. Berasa seeneng banget gw bisa keluar pas jam kerja, kayak anak SMAyang bisa bolos belajar (^^). Makanya gw sempetin photo moment gw ngambil kartu ujian itu. Pokoknya yang terbesit pada saaat itu gw harus photo-photo setiap tahapan gw tes buat kenangan.


Antri registrasi ulang dan ambil kartu tes tulis
Tibalah hari tes Tulis. Pada saat itu tes tulisnya di Tenis indor senayan. dan saat itu adalah pertmana kali w ke tenis indor senayan dan yang ada di benak gw tuh bukan buat ujian tapi refreshing main di Jakarta, soalnya jarang banget gw main ke Jakarta. O iya malam sebelumnya tuh gw semept survei tempat. dan sempet ngobrol sama petugas ayng ada di Tenis Indor senayan. Gw iseng tanya waktu itu. "Pak emang nanti kantor kerja setneg dimana ya?" "Ohh itu di Kawasan Istana Negara De". Waduh gaya juga ya bathin gw. Lihat langsung aja gw belum pernah apalagi menginjakan kaki disana. Paling cuma pernah lihat tuh di buku pelajaran zaman sekolah dulu. Balik lagi ke hari H Tes tulis. Gw datang paling pagi kayaknya. Gw masuk ke tempat gw kebagian duduk. Waktu itu gw kebagian di tribun atas, Posisinya enak dan leluasa gw bisa lihat-lihat pemandangan sekeliling. Gw lihat sekeliling baru ada beberapa orang sibuk belajar dan beberapa panitia yang kelihatan sedang mengecek situasi. Gw ambil HP gw and gw ambil kesempatan itu buat ambil kenang-kenangan gw (hehehe). (*note saat pertama kali gw ngambil kartu, udah ada felling ternyata)



Gedung-Gedung di sekitar Tenis Indor Senayan

Gedung lagi
Masih Kosong

Masih Kosong juga

Masih kosong lagi

Udah mulai banyak 

Udah mulai penuh

Hampir penuh

Sesaat sebelum tes dimulai (udah penuh)

Saat itu yang lulus tes admintrasi ada sekitar berapa ratus atau ribu gw lupa, yang pasti satu tenis indor senayan full sama orang yang ikut tes tulis. Saat itu yang ada di pikiran gw cuma fokus kerjain test tanpa berharap lulus. Yang penting gw bisa main ke Tenis Indor Senayan di Jakarta (^^).  O iya sesaat sebelum test tulis dimulai nyokap telpon. Welehh gile nyokap telpon nih. ya wes w mulai akting nih. w gak mau ortu gw tahu gw ikut test ini. "Halo.. Assalamulaiakum, Dan dimana?" "Walaikumsalam mam, biasa mam lagi nongkrong (padahal nongkrong di tempat test)" "Oh ya udah met nongkrong". Percakapan beres. fiuhh lega dah. Balik lagi ke tes tulis. Tes tulis pada saat itu ada dua bagian. Tes tulis skolastik/pengetahuan umum (100 soal) - istirahat - tes bahasa inggris (100 soal). Saat itu pokoknya kerjain semua.. Gak peduli orang lain mau duluan selesai. pokoknya fokus kerjain. Setelah selesai mengerjakan panitia bilang jika lulus tes tulis ini. bakal ada psikotest yang diselenggarakan selema 2 hari. Beres ngerjain tes. gw sempetin keliling Jakarta dulu. mumpung di Jakarta. lihat-lihat yang bening plus olahraga. mantap dah pokoknya.

Berhari hari n minggu kemudian, tiba nih saat pengumuman kelulusan tes tulis. Biasa. setelah gw kerjain semua pekerjaan rutin gw di kantor, gw masuk webnya setneg, gw cek daftar pengumuman, Beuhh ternyata nama gw ada lagi. Dari beberapa ribu cuma tersisa seratusan aja klo gak salah. Gw lihat keterangannya. "Selamat anda lulus dan berhak mengikuti Psikotest 2 hari" (harinya pas hari kerja juga bukan hari libur lagi  ) di UI Depok, mulai test jam 7.00 WIB teng selesai jam 4 sore (Gile dah kayak kerjaa aja nih test). Tapi...  Horey (^0^)/!! kesempatan liburan lagi bathin gw. Setelah beberapa alasan dan perizinan gw bisa juga ikut test 2 hari disana.

Pergilah gw ke Depok buat test. Nyampe sana sudah ada beberapa orang yang duduk duduk dan kayaknya lagi belajar.. walahh.... Gw sempetin aja photo-photo lagi (^.^) buat kenangan sebelum test dimulai.

Dah mulai penuh

Serius pada belajar (>.<);

Pada belajar juga
Berjam-berjam psikotest gw jalanin, dari mulai diskusi kelompok, wawancara psikologi dll gw jalanin selama dua hari psikotest tersebut. akhirnya berlelah-lelah kemudian test selesai. Panitia menjelaskan jika lulus dari test psikologi ini maka akan dipanggil untuk wawancara user. Berarti tinggal 1 tahap lagi test Setneg ini bathin gw.

Setelah test pskilogi itu gw kembali ke rutinitas kerjaan di kantor. Tiap hari kerjain kerjaan seperti biasa. dan tibalah saaat pengumuman kelulusan Psikotes. Senior yang dah tahu gw ikut test yang tiap kali nanyain kelulusan tiap test gw gak sabar nanyain ke gw gimana hasilnya. Gw buka tuh web. gw lihat ternyata pengumuman dah ada. Daftar peserat lulusnya berbentuk Excel. Gw download pengumuman bagian gw. SRET!! w buka tuh Excel. Gw baca satu satu ternyata ada empat orang yang lulus psikotest dan salah satuna ada nama gw. BEUHHH !!! Nih bener apa boong ya. Senior gw yang lihat dibelakang gw malah yang paling exited alias paling semangat. Tapi gw bingung kok yang lulus psikotest tuh 4 orang sedangkan yang diambil tuh 4 orang juga? Terus Seniosr gw bilang SELAMATT Dan!! Artinya lo dah lulus n masuk Setneg. N Wawancara user ditiadakan tuh. Ternyata Bener apa kata senior gw. Panitia bilang karena yang lulus tes psikologi sudah sama dengan kuota yang dibutuhkan maka tes wawancara user ditiadakan. Saat itu gw disuruh buat laporan ke atasan langsung gw. Dan ini mungkin karena dah harusnya gw seperti ini. Pada saat pengumuman kelulusan Setneg itu pas dengan hampir berakhirnya kontrak kerja yang ketiga gw. Tinggal beberapa hari lagi waktu itu. Jadi gw gak perlu repot-repot untuk mengurus resign gw.

Pada saat itu gak tahu gimana kabar gw keterima tuh cepat menyebar ke semua Departemen di Perusahaan gw. Sampai Bos Departement Purchasing gw sangat tertarik n ngajak ngobrol ke gw secara personal. Masih inget beliau bilang dalam bahasa inggris. kalau w terjemahin seperti ini: " Selamat buat anda telah diterima di Istana Pemerintahan, terima kasih atas pengabdian anda selama ini disini, Mohon maaf karena krisis global yang melanda saya tidak bisa mengangkat kamu jadi pegawai tetap, tapi syukurlah kamu dapat langsung kerjaan pengganti sekali lagi selamat dan Arigatou Gozaimasu".

Pada hari terakhir di Perusahaan itu diadakan rapat dadakan untuk perpisahan gw. asli pada saat itu gw gak bisa nahan airmata gw keluar. semuanya bagi gw bagai guru yang ngajar anak yang gak bisa apa-apa jadi bisa. Thx a lot mbak mas n Pak. Setelah itu ternyata semua ngajak photo perpisahan dan gak disangka bos Jepang gw ternyata pengen ikut nimbrung juga. ini photo terakhir dengan mereka gw share juga. Setelah pengumuman resmi gw diterima di setneg gw terima, baru gw bilang ke ortu perihal gw diterima kerja di setneg.

Para Guru, Bos, sekaligus rekan kerja

Akhirnya setelah beberapa hari gw keluar dari perusahaan itu, gw dipanggil ke Setneg untuk pemberkasan dan penugasan kerja. Dan ternyata setelah penugasan itu gw langsung mulai kerja. dan sampai sekarang lah gw kerja dan mengabdi di pemerintahan.

Gerbang masuk


Taman

Salah satu gedung di Setneg yang masih tahap Pengecatan

SEKIAN ~~ Terima kasih sudah mau baca dan mampir (^^). Semoga bisa bermanfaat ya.

80 comments:

  1. mas saya mau nanya. saya lagi ikut untuk seleksi cpns setneg tahun 2013. tgl 18 november nanti saya akan wawancara user. boleh saya minta alamat emailnya untuk mengajukan beberapa pertanyaan ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. baru saya cek blognya. email saya ada di 'Contact us" dani.ismaya@gmail.com. Berarti saudah ya interviewnya. sukses ya (^^)

      Delete
  2. Selamat ya mas diterima di setneg...mau tanya dong, enak ga sih jadi pns di setneg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Azhraa, Alhamdulillah sampai saat ini enak. ikut rekrutmen juga Az? jangan ragu buat daftar. Saya bisa, kamu juga bisa (^^)

      Delete
  3. izin komen gan,,,selamat yah udah masuk di setneg,,, kantor kita sebelahan dan....... anda di setneg,,, saya ditempatkan di setkab... salam kenal...
    Irfan..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru balas Fan. Salam Kenal juga. wahh hahahaha padahal kita satu kawasan ya. malah kenal di blog. kenal ma Ridwan gak Fan? dia juga anak Setkab. satu kampus ma gw Fan.

      Delete
  4. inspirasi (y) btw jurusan apa aja kira-kira pas kuliah yang seharusnya di ambil supaya selesai kuliah bisa bekerja di setneg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Laura. Maaf baru bales. baru sempet cek Blog ^^. Klo menurut pribadi gw. Klo Sosial lo ambil Ekonomi klo Teknik lo ambil Teknik Informatika. Dua jurusan itu di semua kantor, PNS ataupun BUMN dibutuhkan. klo gak bisa masuk negeri, cari kampus swasta yang akreditasinya minimal B. soalnya temen seangkatan gw di setneg juga dia dari swasta tapi masuk juga. semoga sukses ya (^ ^)

      Delete
  5. Mas tolong lebih dijelasin donk, proses psikotest seknegnya ? saya penasaran nii.. hehehhehe
    makasii mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru balas. kalau pas zaman SMA pernah psikotest, kurang lebih sama. hehehe tinggal fokus aja pas ngerjain.

      Delete
  6. mas saya mau tes cpns kemensetneg juga,doakan lolos ya mas..
    saya sudah menikah,apa tidak masalah ya untuk wanita yg sudah menikah?
    mohon bs di share mas apa saja yg ditanyakan saat wawancara user..trimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. (^^). baru sempet buka blog lagi. Tidak ada ketentuan harus single klo di Kemsetneg. Tidak masalah. Kalau gak salah seputar substansi jabatan yang dilamar sama motivasi kerja krang lebih.

      Delete
  7. Dani,pranata komputer itu melulu bikin program atau staff IT ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung lo ditempatin dimana prakomnya. Biasanya sih mengelola sistem informasi atau jaringan. bikin program biasanya dibuat dalam satu tim.

      Delete
  8. mas, bagaimana peluang masuk setneg unt lulusan dr PT swasta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluangnya sama aja kok sama yang dari lulusan Negeri. Soalnya temen seangkatan gw ada yang dari swasta juga, yang penting PTN nya minimal akreditasi B.

      Delete
  9. mas.. tahun ini saya juga mengikuti tes CPNS SETNEG... proses seleksi testnya tiap tahun kan beda-beda yaa.. mau tanya kalau tes TKB disebutkan tes tertulis bahasa inggris berarti malah bukan seputar seluk beluk SETNEGnya ya? sama kiat-kiat wawancaranya ya mas... terima kasih infonyaa.. nambah semangat semoga berjodoh rekan kerja yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau test ttulis dan tes pengetahuan umum masih belum masalah mengenai setneg. yang penting menguasai bidang pendidikan kamu sama tetep rendah hati dan percaya diri ya (^^)

      Delete
  10. Mas, saya juga mau tes tahap bhs.inggris dan wawancara substansi nih. Deg2an bgt hehehe. Doakan ya mas biar jadi abdi negara di kemensetneg juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha pasti kamu bisa. gimana lulus gak?

      Delete
  11. wah keren smg th dpn q bs jd bag dr setneg

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya dong, kemarin sudah pemberkasan, tapi belum dikabarin lagi kapan masuk nya, setelah pemberkasan biasanya berapa lama mas? terus tahap nya apalagi? maaf banyak nanya, hehe terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas. Biasanya sih setelah pemberkasan gak lama lagi kerja kok. wahh selamat ya (^^)

      Delete
  13. mas maaf mau tanya apakah untuk tahun ini ada rekrutmen untuk sekneg lagi ya mas? soalnya ada desas desus untuk cpns tahun ini ditiadakan. Padahal saya ingin melamar ke sekneg huhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih setahu gw ada terus tiap tahun. ditunggu aja ya (^^).

      Delete
  14. info yg sangat bagus. tks mas untuk sharing nya. Saya jg gtu mas klo ada panggilan dr perusahaan pasti sya sempatkan untuk foto" sbg kenangan perjuangan hahah . Btw, wktu tes di setneg ada tes kesehatannya ga mas? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kita sama ya heheheh (^^). Sama-sama Sandra. ada tes kesehatan San. Tapi itu setelah dinyatakan lulus.

      Delete
  15. wah keren sekali blog dan tulisannya mas. sy jd makin tertarik ingkn jd PNS, hanya saja sy dari S1 pendidikan, apa bisa sy kerja di kementrian jg?
    sy masih bingung perihal jobdesknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Nurul. Bisa aja Nurul. Dicoba saja nanti pas ada lowongan ya.

      Delete
    2. Salam hormat .saya juga bgitu masih kurang tau ina ini itu. Saya mahasswa baru di fisip jrusan admin publik, saya brkeinginan utk nantinya mlamar kerja di setneg. Bagaimana mnrut mas jika saya mlamar kerja d setneg dg jurusan yang saya ambil saat ini?

      Delete
    3. Hai 😁. Jur administrasi publik sama kayak temen2 gw yang di setneg. Bisa banget. Coba aja ya nanti ngelamar klo dah ada loker.

      Delete
  16. kerja di setneg ya?

    ReplyDelete
  17. hebat, doain saya mas biar ketiban rezekinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Phut. Kita tunggu disini ya (^0^)/

      Delete
  18. kak selamat ya kerja di setneg saya baca post nya turut senang :) saya mau tanya bbrp pertanyaan nih:

    Saya mau masuk jurusan perencanaan wilayah dan tatakota, kira2 kementrian bagian apa ya yg cocok untuk jurusan itu?

    Gimana caranya tau update tentang lowongan2 kerja di bagian pemerintahan?

    Pas daftar kerja, jurusan itu mempengaruhi diterimanya kita sama kerjaan itu atau nggak? Contoh: orang yang sarjana arsitektur, bisa diterima di setneg nggak kalo pengetahuan umumnya luas?

    Maaf ya kak banyak tanya, saya mau tau banyak tentang dunia kerja sebelum saya pilih jurusan kuliah... Mohon dijawab semua pertanyaan saya. Terima kasih banyak kak!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh klo jurusan perencanaan wilayah dan tata kota mungkin bisa masuk di Kementerian PU. bisa cek di web resminya Kementerian. Mempengaruhi. misal saya jurusan Teknik Informatika daftar ke jabatan Pranata Komputer di Kementerian Sekretariat Negara.

      Delete
  19. inspiratif bgt mas, moga bisa segera mengikuti jejak mas. Amiin amiin amiin :)

    sukses selalu utk mas & semua teman" yg ada disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Dian (^^). Aminn. Sukses juga buat Dian

      Delete
  20. Selamat ya mas semoga bisa membawa negeri ini lebih maju melalui kerja di Setneg. Eh mau tanya juga kalo kerja di setneg itu harus berfisik sempurna ya ?
    Makasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah tidak ada persyaratan yang mengharuskan kesempurnaan fisik sih. hehehe yang penting sesuai dengan kebutuhan jabatannya dan lulus tes. pas insyaallah bisa masuk.

      Delete
  21. Mas kalo kerja di setneg begitupula ada syarat fisiknya nggak mas ?

    ReplyDelete
  22. Sukses ya mas, ingin juga sebenar nya masuk di kementerian. Tapi lihat nanyi saja deh mungkin ya.

    ReplyDelete
  23. Kak saya mau tanya dong. Saya kan lulusan dr jurusan pendidikan, kira kira kalo melamar di setneg posisi apa ya yg sesuai dgn latar belakang saya? Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Kak saya mau tanya dong kalo saya dr jurusan pendidikan untuk melamar di setneg yang sesuai di posisi apa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Nevia maaf baru bales. sorry komentarnya satu dihapus karena sama. kalau untuk itu biasanya disesuaikan dengan kebutuhan jabatan tiap tahun. nanti rajin rajin saja cek di web resminya setneg.

      Delete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. keren banget deh blognya ^_^
    jadi terinspirasi buat ngelamar di setneg. kalo saya jurusan pendidikan ilmu komputer bisa ga ya ngelamar di setneg? terus bagian apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh bisa banget, ilmu komputer itu nanti bisa jadi pranata komputer di Setneg.

      Delete
  27. Bagus banget blognya ka.
    Saya jadi tertarik ingin jadi PNS dan bisa bekerja dipemerintahan, tapi saya belum lulus kuliah. apakah bisa ka saya belum lulus kuliah tapi ingin daftar melamar dipemerintahan?

    ReplyDelete
  28. mantap bgt blog nya. bang boleh mnta contact yg bisa di hubungin mohon ptunjuk bang saya mau coba masuk setneg juga.

    ReplyDelete
  29. jujur sangat menginspirasi bang. bang boleh saya minta cp email atau apa aja boleh bang. mau tanya2 ttg setneg saya mau coba tes cpns insyallah bang

    ReplyDelete
  30. Thanks kak!
    Btw, saya salfok liat foto terakhir (yang sama temen2 kerja perusahaan) wkwk. Ada kenalan saya disana ternyata wkwkwkw

    ReplyDelete
  31. Subhanallah,, kalau udah rejeki emang ga kemana..
    mau niat atau ga niat, ada aja jalannya..
    menginspirasi banget, makasih ya mas udah berbagi kisahnya..
    jadi tambah semangat buat cepet lulus kuliah, abis itu ikutin jejaknya mas yg satu ini..
    doain, semoga rejeki :)

    ReplyDelete
  32. makasih utk tulisannya yg bkin semangat naik lagi pak. Soalnya saya jobseeker �� sudah tamat setahun yg lalu tapi belum juga ketemu "jodoh" sampai hari ini. saya gak sengaja mampir di blog ini, krna saya lagi nyari informasi gimana caranya bisa jadi honorer di instansi pemerintah seperti setneg atau yg lainnya. Barangkali bapak bisa bantu britahu saya gimana caranya, maksudnya gimana caranya masukin surat lamaran kerja di instansi pemerintah. Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau honorer saya kurang tahu. mendingan langsung aja jadi PNS klo nanti ada penerimaan. Klo fresh graduate kerja aja dulu di swasta untuk pengalaman kerja sambil nanti coba ngelamar di Pemerintahan

      Delete
  33. haloo.. mas mau tanya kalo 2016 ini setneg buka lowongan ga? trs supaya tau kalo setneg buka lowowngan liat dimana ? saya fresh graduated butuh bimbingan. haha thank you

    ReplyDelete
  34. Mas bagaimana daftarnya via e-mail atau datang langsung? Lalu ka bagian mana?

    ReplyDelete
  35. Ass...salam kenal.boleh ya minta info nya kalau pas ada penerimaan di setneg.trims

    ReplyDelete
  36. halo salaam kenal.. mau tanya max usia nya berapa?? dan klo sabtu masuk gak?? saya sedang kuliah kelas karyawan jurusan Psikologi di PTS bisa gak yaa??

    ReplyDelete
  37. Halo salaam kenal.. maaf mau tanya klo ngelamar ke SetNeg max usia berapa? klo sabtu libur gak?? karna saya sambil kuliah kelas karyawan jurusan Psikologi PTS..

    ReplyDelete
  38. Kalau mau melamar ke instansi pemerintahan itu semacam kementerian web resminya apa ya mas?

    ReplyDelete
  39. mas, kalau boleh tau info lokernya kementerian itu dapat darimana..apa ada pengumuman nya di web kementerian atau gimana..? terimakasih dan selamat karna sudah berhasil keeja di setneg ya mas

    ReplyDelete
  40. Salam Dani Ismaya, apakah untuk tahun 2017 ada pembukaan penerimaan lowongan kerja di Setneg dan dimana saya bisa mendapatkan informasi itu? terima kasih

    ReplyDelete
  41. Terimakasih mas udah share pengalamannya :) btw kalo untuk cari lowongan di instansi pemerintahan itu carinya dimana sih mas? Saya pengen banget bisa kerja di instansi pemerintah huhu

    ReplyDelete
  42. Halo salam kenal.. saya bella pengalaman kamu menginspirasi saya.. boleh saya tanya2 mengenai detail test setneg lewat email? Terima kasih

    ReplyDelete